Ming. Jul 12th, 2020

Empat Pelajar WNA Melaporkan Keberadaannya ke UKK Musi Rawas

MUSI RAWAS- Empat pelajar Warga Negara Asing (WNA) melaporkan keberadaannya ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim melalui Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) di dampingi oleh Gurunya, Rabu (19/2).

Keempat WNA tersebut, yakni  Emily Louise Spartz dari Italia, Azzurra Giacomini dari Italia, Briana Carevo Vega dari USA dan Ole Einar Mohring dari Jerman.

Para pelajar itu sengaja didatangkan dari luar negeri dalam program pertukaran pelajar. Dan sudah tujuh bulan di Indonesia beberapa sekolah yang sudah didatanginya, diantaranya salah satu sekolah di Bekasi dan Sekolah di Palembang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim I, Made Nur Hepi Juniartha melalui Kepala UKK Kabupaten Mura, Radian Hilman menjelaskan bahwa empat WNA itu hanya pertukaran pelajar di SMAN 1 Kota Lubuklinggau selama dua Minggu.

Sesuai Undang-Undang nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, maka setiap WNA wajib melapor kepada Imigrasi setempat. Berdasarkan undang-undang tersebut sangat jelas kewenangan imigrasi dalam penanganan orang asing.

“Ya, keempat WNA itu hanya melapor saja kepada kita (Imigrasi),” kata Radian Hilman.

Dirinya berharap semua pihak dapat mendukung tugas Imigrasi dengan tetap memahami tugas dan fungsi masing-masing.

Kepala SMA Negeri 1 Lubuklinggau, Zulkarnain saat dikonfirmasi membenarkan bahwa keempat WNA itu pertukaran pelajar disekolahnya. Tentu pihaknya meresa senang dengan kunjungan empat pelajar asing tersebut.

“Hal itu guna memotivasi dan memberi contoh nyata kepada siswa didik, untuk melihat cara belajar siswa asing secara langsung,” kata Zulkarnain.

Ditambahkan, juga bisa berbagi pengalaman bagaimana belajar yang baik seperti yang diterapkan di luar negeri sana. (dlt)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: